LIBURAN DI PULAU TIDUNG…………..

Setiap hari berkelut dengan urusan pekerjaan tentu saja membuat kita jenuh bahkan mungkin  stress… apalagi bagi saya yang bisa dibilang mempunyai karakter yang tidak suka hanya berdiam diri,selalu ingin mencari suasana baru dan tantangan baru. Untunglah dibulan maret ini ada hari libur yang langsung bersambung dg weekend… libur yg lumayan panjang, harus dimanfaatkan nich.Hmm…kalau diingat-ingat sudah cukup lama juga jiwa petualangan tidak tersalurkan.Untungnya juga teman seperjalananku Qori langsung menyetujui rencana liburan nanti…(siip dech. :))
Masalahnya kita masih bingung mo liburan kemana… tempat yang asri, indah , alami,  terpencil,  tapi masih mudah dijangkau dan tentu saja dengan budget yang seringan mungkin. Tempat wisata alam di bandung hampir sudah terjelajahi semua…Tangkuban Perahu, Situ Patengan Ciwidey, Kawah putih, Curug Cindulang, Gua Maribaya, Curug Dago, Bukit Punclut.Di jakarta??? TMII, Ancol, Dufan, Seaworld, Kota Tua sudah dikunjungi… trus kemana y??? Akhirnya aku mulai browsing nich dan ternyata aku langsung jatuh hati pada pesona pulau Tidung dengan Jembatan Cinta-nya. Yupz… Pulau Tidung di Kepulauan Seribu yang disebut-sebut sebagai surganya para backpacker menjadi target utamaku untuk liburan tgl 23-25 Maret 2012 nanti…
Ini foto-foto para blogger lain yang sudah pernah kesana. Siapa yang tidak jatuh hati dengan pesona alam yang secantik ini…???


Akhirnya aku mulai mencari tau bagaimana cara untuk bisa mencapai pulau Tidung. Hari pertama liburan kami berencana untuk berangkat pukul 07.30  dengan kereta Argo Parahyangan dari stasiun bandung karena kita mencari kereta dengan tarif bisnis Rp.45.00 (biasa urusan kantong masih tetap menjadi prioritas ha3..). Selain jadwal tersebut baru ada jadwal kereta jam 16.30 yang memiliki gerbong bisnis juga… sedangkan jadwal keberangkatan di jam lainnya executif semua dengan tarif Rp.80.000… hampir setengah harga… lumayan kan?? bagi seorang backpaker beda segitu bisa dialokasikan untuk penginapan tuch. Kalau semua lancar, paling telat kita bisa sampai 09.30 di Stasiun Gambir. Seharian itu aku berencana menghabiskan waktu di TMII dan ke Depok untuk mengunjungi teman kami yang berkuliah di kawasan UI sekalian mengunjungi tempat-tempat menarik disana..

Aku juga sudah searching penginapan yang harganya terjangkau walaupun ga bagus-bagus amat… yang penting bisa tidurlah buat menyiapkan energi untuk ke Pulau Tidung esoknya. Kalau bisa yang tarifnya dibawah Rp.50.000 .Dari hasil searching yang didapat ada beberapa alternatif yang bisa dipilih dengan tarif sekian:

  1. Graha Wisata Ragunan di komplek Olahraga Ragunan Jakarta Selatan. Katanya sich kurang lebih 1 km dari Terminal Ragunan tapi masih perlu naik ojeg lagi sekitar Rp.5000. Tarifnya Rp.100.000/kamar (1 kamar 2 tempat tidur). Kalau sedang beruntung sich katanya bisa melihat pemain-pemain persija lagi latihan tuch. Harga lumayan murah sich…cuma aksesnya kurang ok.
  2. Graha Wisata Kuningan di Jl.Rasuna Said (dekat gedung Soemantri dan Menara Palma), berati dekat halte busway Soemantri. Tarif untuk kamar spesial Rp.50.000/orang sedangkan yang standar cuma Rp.20.000/orang. Katanya sich bangunannya sudah tua dan agak kotor. Fasilitas belum tau pasti..harus cek langsung nanti. Tapi yang penting pokoknya ada kasur dan kamar mandi aja… akses tranportasi sangat mudah  karena dekat halte busway.
  3. Graha Wisata Remaja TMII di kawasan TMII Jakarta Timur. Tarifnya Rp.20.000/orang, untuk yang full AC Rp.50.000/orang. Dari bangunannya sich sepertinya lebih bagus dan lebih bersih dari Graha Kuningan. Aksesnya juga lumayan mudah cuma naik angkot sekali sampai halte busway Garuda Taman Mini.
    Sebenarnya temanku memberi rekomendasi untuk menginap di Wisma Makara UI, tapi waktu aku lihat websitenya tarifnya 225-250/kamar..alamak.. mahal banget tuch. Ga tau dech kalau di Asramanya sepertinya murah, tapi belum tau orang umum boleh menginap disana atau tidak….

Selain mencari info penginapan, aku juga mencari rute transportasi untuk ke Pelabuhan. Sebenarnya ada 3 Pelabuhan yang bisa digunakan untuk ke Pulau Tidung, dari Muara Angke, Rawasaban dan Marina Ancol. Dari Muara angke waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Tidung 2,5-3jam dengan tarif Rp.33.000-35.000 dengan kapasitas bisa 150 orang dan berangkat pukul 07.00 (kebayang dech harus super desak2an..). Dari Rawasaban,Tangerang cuma membutuhkan waktu 1-1,5 jam dengan tarif Rp.18.000-20.000 berangkat pukul 11.00. Dari Marina Ancol membutuhkan waktu 1-1,5jam dengan tarif Rp.32.000 belum termasuk tarif untuk masuk Ancol dan berangkat pukul 08.00. Dari ketiga pelabuhan tersebut tetap saja lebih prefer ke Pelabuhan Muara Angke tapi kendalanya yach siap-siap sepagi mungkin agar tidak ketinggalan kapal. Kalau dari Rawasaban…dari segi waktu sich ok , harganya juga murah tapi jauhnya itu loch..masak harus ke Tangerang dulu.. nambah pengeluaran aja. Kalau dari Marina, selain harus bayar tiket Ancol yang berkisar Rp13-15.000 , jatah penumpangnya sangat terbatas hanya kapasitas 30 orang, kalau ga kebagian gimana donk??. Akhirnya Muara Angke masih tetap menjadi pilihan.

Sempat kebingungan juga soalnya dari info terdahulu katanya kapal cuma berangkat satu kali setiap harinya dan berangkatnya pun pagi banget jam 07.00 bahkan kalau penumpang udah penuh jam 06.00 terkadang sudah berangkat. Pelabuhannya berada di kawasan pasar ikan sehingga lokasinya becek dan bau banget katanya… hmmm…sempat ngeri juga membayangkan kondisi seperti itu,tapi tak apalah demi Pulau Tidung. Yang jadi masalah adalah apa bisa kita sampai tepat waktu disana?? hmm..jadi bingung dech..sepertinya harus cari penginapan yang dekat dengan kawasan muara angke biar ga perlu naik busway atau angkot lagi.. tapi belum dapat penginapan yang murah disana..masak mau tidur di pelabuhan yang bau gitu??? ampun dech…

Setelah searching-searching lagi, dapat info yang sangat berharga nich.. Pelabuhan Muara angke yang baru yang biasa dikenal dengan Pelabuhan Kali Dalem menurut berita sudah diresmikan tgl 5 Januari 2012  bahkan sejak 22 Desember pelabuhan sudah beroperasi. Kapal-kapal yang di Marina sudah dialihkan ke Pelabuhan Muara Angke yang baru ini dengan fasilitas pelabuhan yang lebih ok, so kita ga perlu lagi repot2 masuk Ancol dan tidak perlu lagi melewati Pasar Ikan yang becek dan super bau…Alhamdulillah yach..sesuatu..(he3 Syahrini bgt..:P). Selain itu, jadwal keberangkatan ke Pulau tidung juga lebih banyak sehingga kalau kita ketinggalan kapal masih bisa ikut kapal berikutnya.Jadwal kapal sbb dengan tarif Rp.30.000 ke pulau Tidung:

  1. KM Lumba-Lumba:Trip 1 pukul 08.00, Lintasan 1 dari Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Pramuka-Pulau Tidung (PP). Lintasan 2 Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Tidung (PP).
  2. KM Kerapu :Trip 1 pukul 07.00 dan Trip 2 pukul 12.00. Lintasan 1, Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Pari-Pulau Pramuka-Pulau Kelapa (PP). Lintasan 2, Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Lancang-Pulau Payung-Pulau Tidung (PP). Lintasan 3, Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Lancang-Pulau Payung-Pulau Payung-Pulau Tidung (PP). Lintasan 4, Muara Angke-Pulau Untung Jawa-Pulau Lancang-Pulau Pari-Pulau Pramuka (PP).

Dengan demikian masalah teratasi.. Kalau menginap di Graha Kuningan tinggal naik busway ke jurusan Ragunan (kalau g salah halte terdekat adalah halte Soemantri )terus transit di halte Kuningan,naik lagi busway jurusan Pluit. Dari pluit naik angkot merah B01 jurusan grogol-muara angke, katanya sich perlu jalan kaki dulu atau naik ojeg.. belum tau pasti nich, belum survei langsung soalnya.Kalau  menginap di Garaha Wisata Remaja TMII, naik angkot dulu sampai halte Garuda Taman Mini terus naik busway jurusan Pinangranti -Pluit (koridor 9) yang ke arah Pluit. Tinggal duduk manis sampai halte Pluit terus naik angkot B01 ke muara angke.

Untuk di Pulau Tidungnya sendiri kita belum prepare apa-apa sich.. penginapan juga tidak, kalau terpaksa yach tiduran di pinggir pantai saja..ha3.. tapi menurut beberapa info sich tidak sulit mencari penginapan di sana tapi berupa homestay gitu alias rumah warga setempat dan harga bisa nego…

Ini sekedar sharing info saja buat para backpacker yang berencana ke Pulau Tidung… mudah2an bermanfaat..

See U in Tidung island……:)

Pos ini dipublikasikan di Traveling dan tag . Tandai permalink.

6 Balasan ke LIBURAN DI PULAU TIDUNG…………..

  1. Qori Yasinta berkata:

    wahh,dikau udah searching lengkap bnged. Oh ya pikirin jg qt perginy akhir pekan, pasti bakalan rame n ongkosny mungkin beda sperti hari biasa..
    Oh ya,cari jg jadwal kapal balik dr pulau tidung k pelabuhan, soalny paling g minggu udah balik k cimahi.
    Buat pnginapan yg penting lingkunganny baik, agak serem juga ne kalo nginep cman cari yg murah, apalagi qt cewe2.
    Oh ya..ne beneran perginy cuman berdua, kalo rame pasti lbh asyik..

    • VIRGGIRL berkata:

      Tadi BT g ada kerjaan jadi OL dech…kalau penginapan dan kapal sich tarifnya paten tuch..kalau kereta aku belum tau…
      Kalau kapal insyaallah kebagian.. qt naik busway jam 5 pagi ke pelabuhanx…

  2. VIRGGIRL berkata:

    untuk pulangnya minggu pagi kita udh balik ke pelabuhan trus lgsung ke gambir atau cari travel yg murah..
    kalau penginapan sich itu aman kok,,itu kan graha punya pemprof DKI katanya tapi pegawaix katax udh tua2..
    iya berdua doank…tng sist insyaallah aman dan terkendali… 🙂

  3. ahmad hamzah berkata:

    ada nomer yang bisa di hubungin gak ya, soalnya pgn nanya langsung nih.. qlo ada sms ke 085778389636 ya. please respon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s